Minggu, 31 Mei 2009

OVER HOULE MESIN

KEGIATAN PRAKTEK


  1. Landasan Teori

Over houle mesin adalah membongkar,melakukan pemeriksaan dan melakukan pengukuran ,menganalisa kerusakan serta melakuakn perbaikan dan penggantian komponen yang rusak..Over houle dilakuakn bila sebuah kendaraan mengalami gannguan pada mesinnya seperti :tenaga mesin kurang,ikut terbakarnya oli karena kerusakan pada ring piston,atau keausan pada piston,hal ini di lakukan bila bercampurnya oli dengan system pendingin.

Pada mobil KIA yang sering di over houle adalah jenis carnival ,jenis carnival sendiri ada dua macam yaitu carnival tipe diesel dengan 4 silender dan mesin bensin dengan 6 silender.

Pada mesin carnival yang saya over houle mesinnya menggunakan mesin V6 dengan QUADCAM yg berarti menggunakan mesin 6 silender dan menggunakan 4 camshaft pada kendaraan ini yang sering terjadi adalah kerusakan pada liner silindernya sehingga menyebapkan tenaga kurang karena kompresi ygang tidak sempurna.

  1. Gejala Kerusakan

    1. Tenaga mesin kurang

    2. Pemakaian oli boros

    3. Bercampurnya oli dengan system pendingin

    4. Terjadinya over heating

    5. Tekanan kompresi rendah

    6. Suara mesin tidak normal

    7. Mesin tidak hidup

3. Diagnosa dan Analisa

Sebelum melakukan perbaikan sebaiknya setiap gejala kerusakan di lakukan diagnosa dan penganalisaan kemungkinan terjadinya kerusakan .berikut diagnosa yang mungkin terjadi :

a.Tenaga mesin kurang

1)Piston dan linernya aus,ganti dan over houle mesin

2)Filter bensin kotor ,bersihkan atau ganti

3)Timing tidak tepat, stel timing

4) Pengapian tidak sempurna ,periksa pengapian

5) Injektor kotor ,bersihakan

b.Pemakaian Oli boros

  1. Seal oli pan pecah,ganti seal oli pan

  2. Seal oli crangshaft bocor,ganti seal

  3. Gasket cylinder head cover rusak,ganti gasket

  4. Oli seal camshaft rusak,ganti seal

  5. Piston ring lemah,bersihkan karbon dan ganti ring

  6. Piston dan liner silender aus ,ganti piston dan linernya

  7. Celah piston ring dan ring aus,ganti ring piston

c. Bercampurnya oli dengan sistem pendingin

  1. Blok silender retak sehingga lubang oli bencampur dengan air,perbaiki atau ganti blok silender

  2. Gasket blok silender rusak,ganti gasket silender

d. Terjadinya over heating

  1. Sistem pendingin tidak berkerja,perbaiki sistem pendingin

  2. Tali kipas putus ,ganti tali kipas

  3. Bahan bakar tidak terbakar sempurna,perbaiki sistem bahan bakar

  4. Oli kurang,tambah oli

e. Tekanan kompresi rendah

  1. Gasket silender head rusak,ganti gasket

  2. Setelan katup kurang tepat.stel hidrolik valve adjuster

  3. Piston ring aus,ganti ring piston

  4. Kebocoran dudukan katup,skur klep

f. Suara mesin tidak normal

  1. Ring piston aus,ganti ring piston

  2. Piston dan liner silinder aus,ganti piston dan linernya

  3. Bantalan poros engkol aus,ganti bantalan poros engkol

  4. Bearing batang piston aus,ganti bearing batang torak

  5. Timing belt aus atau rusak,ganti timing belt

  6. Kabel busi bocor,ganti kabel busi

g. Mesin tidak dapat hidup

  1. Timing belt putus,ganti timing belt

  2. Tidak ada kompresi karena katup bengkok,ganti katup

  3. Tidak adanya aliran bahan bakar,periksa sistem bahan bakar

  4. Batang piston patah,ganti batang piston

4.Perbaikan

a.Persiapan alat dan bahan

  1. Kunci roda

  2. Impact besar dan kecil

  3. Carlift

  4. Obeng (–) dan obeng (+)

  5. Tang

  6. Kunci kombinasi set

  7. Kunci ring set

  8. Kunci shok set

  9. Amplas

  10. Kain bersih

  11. Minyak mesin

  12. Sabun ncuci

  13. Gasket set

  14. Liner silender

  15. Piston

  16. Ring piston set

  17. Carbuclean dan penetran

  18. SST pembuka dan pemasang katup

  19. Treaker

  20. Bearing poros enkol set

b. Keselamatam kerja

  1. Menempatkan kendraan pada posisi yang aman

  2. Menggunakan alat sesuai fungsinya

  3. Melindungi body kendaraan dari kotoran

  4. Berhati –hati bila menyimpan komponen yang masih digunakan lagi

c. Langkah kerja

  1. Membongkar kendaraan dari atas

    1. Lepaskan kabel (-) baterai

    2. Lebaskan hubungan kabel –kabel listrik

    3. Lepaskan kabel gas

    4. Buka tutup radiatordanbuang air radiator

    5. Buka air cleaner

    6. Lepaskan selang saluran bahan bakar

    7. Lepaskan kabel alternator dan buka clamp dari pia air pendingin mesin

    8. Lepaskan pipi outlet pada pipa inlet

    9. Lepsakan kabel kopling dari release arm dan dan bracket

    10. Lepaskan kabel gear shift dan select kabel dari tranmisi

  2. Membongkar kendaraan dari bawah dan menurunkan mesin

    1. Lepaskan kabel massa transmisi

    2. Lepaskan kabel listrik dari compressor dan switch lampu mundur

    3. Buka mufler

    4. Buka selang pipa inlet dan outlet dari compressor sebelum membuka pipa /buanglah feron di dalam AC sistim

    5. Buang oli mesin sebelum membongakar mesin

    6. Letakan dongkrak di bawah mesin

    7. Buka baut baut crossmember

    8. Turunkan mobil dan buka baut bracket mounting belakang sebelum menurunkan mesin periksa apakah ada kabel atau selang yang belum lepas

    9. Turunkan mesin dan tarnsmisi dengan menganakat mobil hati –hati dalm melakukan hal ini

    10. Buka plate housing kopling bagian bawah

    11. Buka motor stater

    12. Pisahkan mesin dan tranmisi

3) Membongkar mesin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar