Landasan Teori
Over houle mesin adalah membongkar,melakukan pemeriksaan dan melakukan pengukuran ,menganalisa kerusakan serta melakuakn perbaikan dan penggantian komponen yang rusak..Over houle dilakuakn bila sebuah kendaraan mengalami gannguan pada mesinnya seperti :tenaga mesin kurang,ikut terbakarnya oli karena kerusakan pada ring piston,atau keausan pada piston,hal ini di lakukan bila bercampurnya oli dengan system pendingin.
Pada mobil KIA yang sering di over houle adalah jenis carnival ,jenis carnival sendiri ada dua macam yaitu carnival tipe diesel dengan 4 silender dan mesin bensin dengan 6 silender.
Pada mesin carnival yang saya over houle mesinnya menggunakan mesin V6 dengan QUADCAM yg berarti menggunakan mesin 6 silender dan menggunakan 4 camshaft pada kendaraan ini yang sering terjadi adalah kerusakan pada liner silindernya sehingga menyebapkan tenaga kurang karena kompresi ygang tidak sempurna.
Gejala Kerusakan
Tenaga mesin kurang
Pemakaian oli boros
Bercampurnya oli dengan system pendingin
Terjadinya over heating
Tekanan kompresi rendah
Suara mesin tidak normal
Mesin tidak hidup
3. Diagnosa dan Analisa
Sebelum melakukan perbaikan sebaiknya setiap gejala kerusakan di lakukan diagnosa dan penganalisaan kemungkinan terjadinya kerusakan .berikut diagnosa yang mungkin terjadi :
a.Tenaga mesin kurang
1)Piston dan linernya aus,ganti dan over houle mesin
2)Filter bensin kotor ,bersihkan atau ganti
3)Timing tidak tepat, stel timing
4) Pengapian tidak sempurna ,periksa pengapian
5) Injektor kotor ,bersihakan
b.Pemakaian Oli boros
Seal oli pan pecah,ganti seal oli pan
Seal oli crangshaft bocor,ganti seal
Gasket cylinder head cover rusak,ganti gasket
Oli seal camshaft rusak,ganti seal
Piston ring lemah,bersihkan karbon dan ganti ring
Piston dan liner silender aus ,ganti piston dan linernya
Celah piston ring dan ring aus,ganti ring piston
c. Bercampurnya oli dengan sistem pendingin
Blok silender retak sehingga lubang oli bencampur dengan air,perbaiki atau ganti blok silender
Gasket blok silender rusak,ganti gasket silender
d. Terjadinya over heating
Sistem pendingin tidak berkerja,perbaiki sistem pendingin
Tali kipas putus ,ganti tali kipas
Bahan bakar tidak terbakar sempurna,perbaiki sistem bahan bakar
Oli kurang,tambah oli
e. Tekanan kompresi rendah
Gasket silender head rusak,ganti gasket
Setelan katup kurang tepat.stel hidrolik valve adjuster
Piston ring aus,ganti ring piston
Kebocoran dudukan katup,skur klep
f. Suara mesin tidak normal
Ring piston aus,ganti ring piston
Piston dan liner silinder aus,ganti piston dan linernya
Bantalan poros engkol aus,ganti bantalan poros engkol
Bearing batang piston aus,ganti bearing batang torak
Timing belt aus atau rusak,ganti timing belt
Kabel busi bocor,ganti kabel busi
g. Mesin tidak dapat hidup
Timing belt putus,ganti timing belt
Tidak ada kompresi karena katup bengkok,ganti katup
Tidak adanya aliran bahan bakar,periksa sistem bahan bakar
Batang piston patah,ganti batang piston
4.Perbaikan
a.Persiapan alat dan bahan
Kunci roda
Impact besar dan kecil
Carlift
Obeng (–) dan obeng (+)
Tang
Kunci kombinasi set
Kunci ring set
Kunci shok set
Amplas
Kain bersih
Minyak mesin
Sabun ncuci
Gasket set
Liner silender
Piston
Ring piston set
Carbuclean dan penetran
SST pembuka dan pemasang katup
Treaker
Bearing poros enkol set
b. Keselamatam kerja
Menempatkan kendraan pada posisi yang aman
Menggunakan alat sesuai fungsinya
Melindungi body kendaraan dari kotoran
Berhati –hati bila menyimpan komponen yang masih digunakan lagi
c. Langkah kerja
Membongkar kendaraan dari atas
Lepaskan kabel (-) baterai
Lebaskan hubungan kabel –kabel listrik
Lepaskan kabel gas
Buka tutup radiatordanbuang air radiator
Buka air cleaner
Lepaskan selang saluran bahan bakar
Lepaskan kabel alternator dan buka clamp dari pia air pendingin mesin
Lepaskan pipi outlet pada pipa inlet
Lepsakan kabel kopling dari release arm dan dan bracket
Lepaskan kabel gear shift dan select kabel dari tranmisi
Membongkar kendaraan dari bawah dan menurunkan mesin
Lepaskan kabel massa transmisi
Lepaskan kabel listrik dari compressor dan switch lampu mundur
Buka mufler
Buka selang pipa inlet dan outlet dari compressor sebelum membuka pipa /buanglah feron di dalam AC sistim
Buang oli mesin sebelum membongakar mesin
Letakan dongkrak di bawah mesin
Buka baut baut crossmember
Turunkan mobil dan buka baut bracket mounting belakang sebelum menurunkan mesin periksa apakah ada kabel atau selang yang belum lepas
Turunkan mesin dan tarnsmisi dengan menganakat mobil hati –hati dalm melakukan hal ini
Buka plate housing kopling bagian bawah
Buka motor stater
Pisahkan mesin dan tranmisi
3) Membongkar mesin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar