KOPLING
Landasan Teori
Fungsi kopling
Sistem kopling diperlukan pada kendaraanuntuk memungkinkan kendaraan mesin dapat hidup dengan lembut pada saat memindahkan tenaga ke roda –roda penggerak .Dengan adanyan kopling pemindahan perkaitan gigi pada transmisi dapat di lakukan dengan mudah .Kopling pada kendaraan juga berfungsi meneruskan tenaga mesin ke transmisi dengan halus dan lembut dan mencegah kerusakan gigi transmisi.
Jenis kopling
Tipe dipragma spring
Tipe pegas koil
Tipe yang digunakan pada kendaraan KIA adalah tipe Dipragma spring .karena tipe pegas diapragma terdapat beberapa keuntungan disbanding tipe pegas koil.
Keuntungan kopling tipe diapragma
Untuk membebaskan pedal kopling tidak diperlukan tenagan yang berlebihan sehingga kopling terasa ringan
Walaupun terjadi kerusakan pada plat kopling tekanan pada plat penekan tidak berubah karena penekanan oleh release bearing pada pressure plat selalu sama sehingga kemungkinan slip kecil
Komponen kopling dan fungsinya
Pedal kopling
Menyalurkan tenaga langsung dari kaki ke master silender
Master silender kopling
Berfungsi mengubah gerak pedal menjadi tekanan hidraulis
Reservoir tank
Berfungsi sebagai tempat minyak rem
Release silender
Berfungsi meneruskan tenaga hidrulis dari master silender ke release fork
Release fork
Berfungsi mendorong release bearing
Release bearing
Berfungsi menekan diapragma spring
Cluth cover
Sebagai tempat unit kopling
Dipragma spring
Berfungsi mengungkit dan menekan pressure plate
Cluth disk
Berfungsi untuk memindahkan putaran dengan lembut dari mesin ke transmisi tanpa adanya slip
Cara kerja
Pada saat pedal kopling ditekan
Sewaktu pedal kopling ditekan pushrod akan menekan piston,tekanan ini akan menimbulkan minyak dari dalam silinder terdorong ke release silinder melalui flexible hose dan clutch tube.Setelah itu tekanan tersebut dilanjutkan oleh release silinder ke shift fok,release bearing,dan pelat penekan.Dan mengakibatkan terjadinya selip pada kopling sehingga tenaga mesin tidak diteruskan ke transmisi.
Pada saat pedal kopling dilepas
Pada waktu kopling dilepas dengan tiba-tiba piston akan terdorong oleh Compression spring. Hal ini akan menyebabkan terjadinya kevakuman pada ruang di dalam silinder, sehingga tekanan minyak turun, hal ini menyebabkan pelat kopling tertekan penuh oleh pelat penekan sehingga tenaga yang diteruskan ke transmisi menjadi besar
Diagnosa kerusakan
Kopling bunyi
Kopling getar
Kopling slip
Analisa gangguan
Kopling bunyi
-
Bagian yang diperiksa
Penyebab
Perbaikan
Bagian yang berputar dan gesekan
Komponen kendor
Memperbaiki atau ganti
Release bearing
Rusak atau kotor
Ganti
Pilot bearing
Aus atau rusak
Ganti
Tuas pembebas,garpu pembebas atau link
Macet atu grease kering
Perbaiki atau ganti
Kopling bergetar
-
Bagian yang di periksa
Penyebab
Perbaikan
Pelat kopling
Berminyak ,permukaan berkarat
Ganti
Torsion dumper putus atau aus
Ganti
Paku keling lepas atau kendor
Ganti
Pegas diapragma
Tinggi tidak sama
Stel dengan senter cluth
Kopling slip
-
Bagian yang diperiksa
Penyebab
Perbaikan
Kebebasan pedal
Kurang tepat penyetelannya
Stel kebebasan pedal
Permukaan kopling
Berminyak ,aus ,terbakar
Bersihkan ,ganti
Seal oli output mesin
Seal rusak
Ganti
Pegas diapragma
Aus atau lemah
Ganti
Perbaikan
Persiapan alat
Kunci ring set
Kunci kombinasi set
Kunci momen
Tank
Kunci rachet
Impact kecil
Obeng (-) dan (+)
Kunci T
Kunci shock
Clut center
Tracker
Oil pan
Kain lap
Grease
Amplas
Balok kayu
Carlift
Udara tekan
Pipa
Keselamatan kerja
Gunakan alat dan bahan sesuai fungsinya
Jagalah kebersihan kendaraan
Bersihkan ruang kerja setelah perbaiakan
c. Pembongkaran
1. turunkan transmisi assembly
2. Rakitan pelat penekan atau pressure plate assembly
3. Rakitan pelat kopling
a. Gunakanlah alat pelurus kopling agar pelat tidak jatuh
b. Tempatkanlah tanda lug pada pelat penekan dan fly wheel untuk pemasangan
c. Lepaslah baut pengikat pada rakitan pelat penekan sesuai dengan urutan s
Pemeriksaan
Pemasangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar